Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 08 Oktober 2012

GPS

Global Positioning System



A. Definisi GPS

    Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi satelit global yang digunakan untuk menyediakan informasi lokasi dan waktu yang akurat dimana saja, dan kapan saja. informasi yang dihasilkan dari Teknologi GPS ini dapat di akses/diterima melalui perangkat GPS receiver.

    Beberapa sistem satelit yang mendukung teknologi ini, antara lain GLONAS (Russian Global Navigation Satelite), Chinese Compas navigation Satelite, dan Galileo Positoning System, Teknologi GPS dikembangkan dan direalisasikan oleh departemen pertahan Amerika Serikat, menggunakan setidaknya 24 satelit untuk membantu proses penyajian informasi dari teknologi GPS itu sendiri.

Manfaat utama dari teknologi ini adalah pemetaan lokasi dimana
pengguna dapat mengetahui posisi/letak suatu tempat atau benda tertentu. GPS juga membantu
untuk mencari rute tercepat dan banyak digunakan sebagai alat bantu navigasi.


B. Segmen Sistem GPS



  1. User Segment
Yang termasuk kedalam segmen ini adalah user yang menggunakan GPS receiver. GPS Receiver sendiri terdiri atas berbagai teknologi dan aplikasi yang berbeda-beda. GPS receiver inilah yang akan mengkalkulasikan posisi dari sesuatu bend/orang/apapun yang kita cari, dan akurasi ketepatannya sekitar 10m.
2. Space Segment
Nah inilah bagian yang terpenting, yaitu bagian yang terdiri dari 24 satelit. Satelit-satelit tersebut terletak pada ketinggian 20200 km, yaitu pada altitude orbit. Dan kenapa terletak demikian jauh? itu merupakan jarak yang tepat kalau memperhitungkan dari segi matematika, gangguan atmosfer, dan jangkauan wilayah satelit tersebut di bumi.
GPS satelit tadi (24 buah tersebut) adalah milik US, kalau milik Rusia namanya GLONASS (ada 24 satelit), dan ada juga yang bernama GALILEO (satelit milik eropa). Selain daripada GPS, kedua kumpulan satelit lainnya jarang digunakan (atau belum) karena agak sukar untuk mengoperasikan dan menjaganya.
3. Control Segment
Yang dimaksud dengan ‘control segment’ ini adalah stasiun kontrol di bumi. Dan ia berfungsi untuk memantau posisi dari satelit-satelit tersebut.
C. Perbedaan GPS Dengan A-GPS  (Assisted Global Positioning System)
kita yang belum memahami perbedaan kedua sistem ini. Yang manakah yang cocok dengan keperluan Anda? Sebenarnya kedua sistem ini serupa tapi tak sama, singkatnya A-GPS memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih banyak layanan di perangkat
bergerak, sedangkan GPS biasanya lebih akurat dibandingkan A-GPS.

Perangkat GPS (biasanya merupakan perangkat khusus, bukan ponsel) menentukan lokasi dari minimal 3 satelit yang membentuk kawasan segitiga dengan mencari longitude, latitude, dan data lainnya yang diperlukan.
Hal ini membutuhkan waktu kira- kira 12 menit untuk menentukan lokasi ketika perangkat khusus GPS dinyalakan. Cukup lama namun
setidaknya pengguna tidak perlu memiliki akses ke operator ponsel untuk mengoperasikan GPS.

Sedangkan A-GPS yang biasanya ditanamkan di ponsel dapat menemukan lokasi dengan lebih cepat, bahkan kurang dari 20 detik. Ini dikarenakan A-GPS langsung mencari satelit yang terdekat dengan lokasi ponsel saat itu melalui operator telekomunikasi.

Hanya saja lokasi yang dilacak memang tidak seakurat GPS. Nah tinggal melihat gaya hidup masing-masing

D. Reference


Tidak ada komentar:

Posting Komentar