Senin, 18 Juni 2012

Proposal penelitian ilmiah

PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH

1.JUDUL PENELITIAN
    PEMBUATAN APLIKASI REMOTE DESKTOP DAN MESSAGING DALAM SUATU JARINGAN INTRANET.

2.PENDAHULUAN
   Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan sehari-hari informasi dan data bagaikan sebuah nafas yang selalu dibutuhkan setiap waktu, ketika alat transfer informasi dan data seperti internet belum ditemukan pertukaran informasi memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan proses yang panjang, akan tetapi berbeda dengan sekarang yang mana teknologi internet bagaikan pembantu kita yang mana setiap saat kita butuhkan untuk membantu aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari baik itu berupa messaging ataupun website untuk mengetahui apa saja yang terjadi diseluruh belahan dunia tidak hanya itu kecepatan pertukaran informasi dan datapun bisa dilakukan dalam kurun waktu yang cepat.
Dalam sebuah jaringan intranet seperti LAN (Local Area Network) yang digunakan dalam perusahaan ataupun Warnet pertukaran data sangat penting terutama ketika client membutuhkan file yang terdapat dalam server dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada server ketika terjadi kesalahan dalam komputer sehingga dibutuhkannya messaging dan transfer data antara client dan server agar kesalahan cepat diselesaikan, selain itu jika server ingin mematikan computer client yang masih aktif server tidak harus mengecek satu- persatu komputer mana yang masih dalam keadaan menyala cukup mengetahuinya melalui server dan langsung menshutdownnya. Hal inilah yang mendorong penulis untuk membuat penelitian ilmiah yang berjudul “PEMBUATAN  APLIKASI  REMOTE DESKTOP DAN MESSAGING DALAM SUATU JARINGAN INTRANET”. 
  
 
Batasan Masalah
Pada penulisan ilmiah ini,  penulis membuat sebuah fasilitas berupa chat/messaging yang mana merupakan alat komunikasi antara client dan server jika ada sesuatu yang di tanyakan oleh client, selain itu terdapat juga transfer file, ketika client membutuhkan file dari server, server langsung bisa mengirimnya melalui messaging, yang mana harus memiliki koneksi dengan server langsung dan selain itu server memiliki fasilitas berupa remote desktop yang berisikan shutdown, restart dan log off  tanpa perlu mendatangi komputer client lalu menshutdownnya selain itu semua hak akses aplikasi sepenuhnya milik client. Aplikasi ini memudahkan client dan server dalam pertukaran data dan informasi sehingga tidak perlu mendatangi server langsung untuk menanyakan sesuatu yang melibatkan client dan server, selain itu memudahkan server untuk mematikan komputer jika sewaktu-waktu masih ada komputer yang masih dalam keadaan menyala dan memudahkan dalam recovery data melalui server. Pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemograman C# serta editor Microsoft Visual C# 2008 ExpressEdition . 

Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memudahkan client dan server dalam pertukaran  informasi baik itu messaging ataupun transfer file dan memudahkan server meremote client desktop. 

Metode Penelitian
Beberapa metode yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah:
1.Pengumpulan data
Untuk  mengumpulkan  informasi  mengenai  penyakit  infeksi, gejala, dan cara  penaggulangannya penulis  melakukan studi ke pustakaan dimana sumber diambil dari buku-buku dan artikel yang berkaitan.
2.Analisa danPerancangan
Menganalisis dan merancang suatu aplikasi remote desktop dan messagging dengan menggunakan bahasa pemograman C# melalui Microsoft Visual C# 2008 ExpressEdition. Analisis terdiri dari analisis masalah, analisis metode dam analisis kebutuhan sistem dari aplikasi yang akan dibuat. Perancangan meliputi perancangan system dan perancangan user interface.
3.Implementasi
Pada tahap implementasi aplikasi akan di uji coba untuk mengetahui apakah aplikasiyang dibuat telah mencapai tujuan yang diinginkan.

Sistematika Penulisan

            Penjelasan setiap bab dari penulisan ilmiah ini akan dijelaskan sebagai berikut.
Bab 1.PENDAHULUAN
Menjelaskan mengenai latar belakang penulisan ilmiah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan serta sistematika penulisan yang digunakan.

Bab 2. LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang teori-teori yang dipakai penulis dalam pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis web untuk mendiagnosis penyakit infeksi secara dini yang meliputi: pengetian penyakit infeksi yang berisi penjalasan mengenai bakteri,virus dan jamur, gejala pada penyakit infeksi, penularan penyakit infeksi dan cara menaggulangi penyakit infeksi.
Bab 3.PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Menjelaskan mengenai perancangan dan implementasi dalam pembuatan aplikasiremote desktop dan messaging dengan menggunakan bahasa pemograman C#melalui Microsoft Visual C# 2008 Express Edition.
Bab 4.PENUTUP
 Berisi kesimpulan dan saran dari pembuatan aplikasi remote desktop dan messaging untuk memudahkan pertukaran informasi antara client dan server.

1 komentar:

  1. mohon tanya : Algoritma dari perancangan remote desktopnya make apa Gan??

    BalasHapus